Beberapa Manfaat Buah Kesemek

Buah kesemek berasal dari Tiongkok mulai ditanam sejak ribuan tahun lalu. Buah Kesemek mempunyai rasa manis seperti madu dan berukuran kecil, tapi mempunyai kandungan gizi di dalamnya yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Buah ini bisa anda konsumsi secara langsung atau bisa dengan olesi garam agar rasa sepatnya hilang.  Nah kali ini kita akan membahas beberapa manfaat kesemek :

  • Meningkatkan Sistem Metabolisme Tubuh

Buah kesemek ternyata dapat membantu meningkatkan sistem metabolisme tubuh. Buah kesemek mempunyai kandungan vitamin B kompleks seperti tiamin dan asam folat. Seperti yang di ketahui kandungan vitamin B kompleks sangat penting untuk tingkatkan sistem metabolisme pada tubuh.

  • Menjaga Kesehatan Mata

Buah Kesemek juga mengandung vitamin A  yang sangat penting untuk membantu menjaga kesehatan mata. Buah kesemek mengandung 55 % vitamin A yang dibutuhkan tubuh seharian, maka dari itu mengkonsumsi buah kesemek secara rutin sangat di anjurkan. Jika kekurangan vitamin A bisa menyebabkan rabun mata pada malam hari, mata kering, dan penyakit kronis mata lainnya.

  • Mengurangi Peradangan

Manfaat buah kesemek selanjutnya bisa membantu mengurangi peradangan. Meskipun peradangan adalah respon imun yang normal , tapi saat terjadi peradangan kronis bisa menyebabkan terjadinya kanker atau jantung koroner. Buah kemesek mempunyai kandungan tanin atau asam tanat yang bisa membantu meredaka peradangan.

  • Menjaga Kesehatan Hati

Ternyata buah kesemek juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan pada hati. Hal itu bisa terjadi karena buah kesemek mempunyai kandungan antioksidan yang berfungsi untuk membantu menangkal radikal bebas yang berbahaya dari oksigen. Antioksidan pada buah kesemek juga dapat membantu menurunkan efek bahan beracun juga membantu mencegah kerusakan sel pada tubuh, atau detoksifikasi pada hati.

  • Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Buah kesemek mempunyai kandungan vitamin C yang baik untuk di konsumsi agar membantu tingkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh. Vitamin C pada buah kesemek memiliki 80 % dan merupakan buah yang memiliki kandungan vitamin C tertinggi yang di butuhkan sehari-hari. Vitamin C dapat membantu merangsang sistem kekebalan pada tubuh dan membantu meningkatkan sel darah putih.

Leave a Comment