Cara Mengatasi Alergi Debu

Cara Mengatasi Alergi Debu

Alergi debu merupakan suatu reaksi abnormal yang dihasilkan melalui sistem imun tubuh ketika terpapar ataupun menghirup partikel debu lingkungan. Debu biasanya terbentuk dari bulu-bulu hewan, spora tumbuhan, sel kulit mati dan juga partikel jamur.

Untuk gejala alergi pada tubuh umumnya seperti bersin-bersin, gatal-gatal dan juga hidung meler akibat pilek. Saat gejala alergi tersebut kambuh maka segera lah mencoba berbagai cara berikut untuk mengobati serta mengatasi kondisi ini, seperti

• Minum Obat

Saat gejala tersebut mulai muncul, segeralah minum obat sebagai cara cepat untuk mengobati alergi debu tersebut. Berikut beberapa jenis obat untuk mengatasi alergi, seperti
– Obat Steroid ( kortikosteroid ), Jenis obat ini biasanya diresepkan oleh para dokter untuk membantu meredakan peradangan yang muncul karena alergi. Selain itu, biasanya apoteker akan meresepkan obat ini jika alergi tersebut disertai dengan kemerahan, gatal-gatal dan juga pembengkakan. Jenis obat ini dapat diminum dan ada juga berbentuk salep atau krim untuk dioles pada kulit.
-Obat Dekongestan, Jenis obat ini bisa diminum untuk mengatasi alergi debu seperti hidung tersumbat dan berair.
– Obat Antihistamin, Jenis obat ini berperan dalam membantu menghambat pelepasan histamin sehingga tubuh dapat berhenti bereaksi terhadap alergen tersebut.

• Menghindari Hewan Berbulu dan Perabot

Usahakan untuk menghindari penggunaan karpet berbulu, terutama pada kamar tidur. Hal tersebut karena biasanya bulu karpet tersebut memiliki debu yang cukup banyak. Sebagai gantinya, anda bisa menggunakan lantai dari kayu ketimbang melapisinya dengan karpet berbulu.

Selain pada karpet, debu biasanya juga dapat muncul dari bulu hewan. Untuk mengatasi alergi pada bulu hewan, harap menghindari meletakkan hewan peliharaan di dalam rumah. Ini karena pada bulu hewan biasanya terdapat kulit mati yang bisa memicu munculnya alergi.

• Menjauh Dari Pemicu Alergi

Salah satu cara yang dapat dilakukan yakni dengan menghindari kontak terhadap pemicunya. Ketika berada di luar ruangan dengan memiliki hewan peliharaan ataupun karpet berbulu di sekitar maka segeralah pergi ke tempat yang lebih bersih serta bebas dari pemicu alerginya. Selain itu, anda juga bisa mengganti pakaian jika debu tersebut dirasakan banyak menempel pada baju ataupun celana yang anda kenakan.

Leave a Comment