Kelopak Mata Bengkak? Ini Cara Mengatasi!

Kelopak Mata Bengkak? Ini Cara Mengatasi!

Pembengkakan yang terjadi pada bagian kelopak mata biasanya dapat disebabkan oleh beberapa faktor seperti terlalu lama  menangis, iritasi, reaksi alergi ataupun infeksi. Jika dilihat dari segi penyebabnya, untuk kelopak mata bengkak ini dapat diatasi dengan menggunakan obat tetes, penggunaan antibiotik dan juga kompres. Untuk kasus lain yang langkah seperti pembengkakan maupun penyakit graves mungkin memerlukan penggunaan obat kombinasi ataupun operasi.

Terdapat beberapa cara untuk mengatasi kelopak mata bengkak, seperti

• Kompres Dingin

Kelopak mata yang bengkak dapat disebabkan oleh kurangnya tidur ataupun terlalu lama menangis. Hal tersebut karena cairan serta darah menjadi menumpuk pada bagian kelopak mata. Dengan melakukan kompres dingin termasuk salah satu cara efektif untuk mengatasi kelopak mata yang bengkak.

Selain itu, kompres dingin juga dapat mengurangi gejala gatal sehingga anda bisa gunakan cara tersebut untuk mengatasi mata bengkak akibat reaksi alergi yang muncul. Anda hanya perlu merendam lap bersih kedalam air dingin kemudian tempelkan pada kelopak mata yang bengkak dan tunggu hingga beberapa detik.

• Menghindari Pemicu Alergi

Terkadang bengkak yang terjadi pada bagian kelopak mata dapat disebabkan oleh adanya kontak langsung dengan debu, kosmetik, kotoran ataupun perawatan kulit. Umumnya alergi yang terjadi pada mata tidak terlalu berbahaya, namun gejalanya yang sangat mengganggu.

Untuk mengatasinya anda hanya perlu menghindari pemicunya. ketika gejala tersebut sangat mengganggu maka anda dapat meminum obat alergi seperti antihistamin. Akan tetapi, jika obat tersebut sama sekali tidak mengurangi reaksinya, segeralah konsultasi dengan dokter.

• Kompres Hangat

Kompres hangat dapat membantu dalam meredakan bengkak yang disebabkan oleh berbagai kondisi seperti bintitan, penyumbatan kelenjar minyak serta saluran air mata, radang kelopak mata dan radang selaput mata akibat infeksi virus ataupun bakteri.

Suhu hangat yang dihasilkan dari kompres tersebut dipercaya dapat mengurangi penyumbatan serta melancarkan aliran darah pada bagian kelopak mata. Untuk mendapatkan manfaatnya, anda hanya perlu merendam kain bersih kedalam air hangat, lalu tempelkan kain tersebut pada kelopak mata dan tunggu hingga beberapa menit.

• Penggunaan Antibiotik

Ketika mata bengkak tidak juga pulih, mungkin kelopak mata anda terserang infeksi. Infeksi yang terjadi pada kelopak mata dapat muncul akibat berbagai hal seperti blefaritis, selulitis, adanya penyumbatan saluran air mata yang semakin parah serta konjungtivitis. Biasanya dokter akan memberikan resep berupa antibiotik untuk mengatasi kelopak mata bengkak yang disebabkan oleh infeksi.

Leave a Comment