Khasiat Daun Selada Yang Perlu Diketahui

Khasiat Daun Selada Yang Perlu Diketahui

Disetiap seporsi lalapan, pasti terdapat daun selada yang menjadi pendamping santapan anda. Begitu juga halnya dengan berbagai menu khas indonesia seperti asinan ataupun gado – gado. Daun selada merupakan salah satu sumber vitamin K dan vitamin A yang cukup tinggi. Dalam secangkir daun selada bahkan dipercaya dapat memenuhi sebesar 60 persen kebutuhan vitamin K serta 82 persen kebutuhan vitamin A harian anda. Tidak hanya itu, daun selada juga memiliki kandungan berupa nutrisi penting seperti kalium, folat, serat, zat besi dan juga kalsium..

Meski memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi, anda tidak perlu khawatir dengan lemak serta kalori yang terdapat didalamnya. Pasalnya, secangkir selada hanya mengandung sebanyak nol lemak serta delapan kalori.

Berikut beberapa manfaat daun selada bagi tubuh yang sayang untuk dilewatkan, antara lain

• Merawat Kecantikan Kulit

Ketika kekurangan asupan vitamin A maka dapat membuat warna kulit menjadi tidak rata ( belang ). Sementara, kekurangan vitamin C bisa membuat kulit cepat kusam, keriput dan juga kendur. Nah, dengan rutin mengonsumsi selada yang memiliki kandungan berupa vitamin A dan vitamin C diyakini dapat membantu dalam merawat kulit agar tampak lebih lembut, kencang serta sehat. Terlebih, kandungan air yang cukup banyak pada selada juga bisa menjaga kelembapan kulit secara alami sehingga tidak bersisik dan juga kering.

• Mencegah Komplikasi Pada Kehamilan

Kandungan folat yang cukup tinggi pada selada terbukti sangat ampuh dalam menekan risiko terjadinya kecacatan terhadap janin yang dikandung. Selada kaya akan vitamin K yang juga dipercaya dapat mencegah terjadinya pendarahan setelah persalinan. Pasalnya, vitamin K bekerja dengan menjaga agar darah pada sang ibu serta janinnya tetap dalam keadaan tidak terlalu encer.

• Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan folat pada selada dapat berperan sebagai pengolah asam amino yang bernama homosistein dalam darah.Sementara, kadar homosistein dalam darah yang cukup tinggi dapat memicu munculnya berbagai masalah jantung, seperti terjadinya penyumbatan pembuluh darah yang mana hal tersebut dapat berdampak terhadap peningkatan risiko atas penyakit arteri koroner, emboli paru serta stroke.

Selain itu, selada juga mengandung vitamin C dan vitamin A. Kedua vitamin tersebut dapat bekerja sebagai antioksidan yang sangat ampuh dalam melawan sejumlah radikal bebas sekaligus mencegah munculnya kerusakan sel – sel yang berujung terhadap penyakit jantung.

Leave a Comment