Khasiat Daun Senna Untuk Pencernaan

Khasiat Daun Senna Untuk Pencernaan

Daun senna termasuk salah satu jenis tanaman yang perlu anda ketahui. Mungkin sebagian dari anda tidak mengetahui tanaman yang banyak dijumpai di Afrika Utara ini. Daun senna memiliki khasiat yang sangat baik untuk kesehatan sehingga banyak digunakan sebagai pengobatan tradisional.

Senna merupakan tanaman yang masuk ke dalam kategori tanaman herbal yang banyak dikenal sebagai obat pencuci perut yang sangat efektif. Jenis obat ini diperoleh dari daun tanaman yang umumnya dikonsumsi dalam bentuk kapsul, pil maupun diolah menjadi teh.

Berikut beberapa manfaat dari daun senna, diantaranya

• Membantu Meredakan Gejala Ambeien

Selain dikenal sebagai obat pencuci perut yang sangat efektif, manfaat lainnya dari daun senna juga bisa digunakan dalam meredakan gejala yang berkaitan dengan ambeien. Ini karena senyawa anti-peradangan yang terdapat didalamnya.

Umumnya ambeien dapat memicu rasa sakit ketika BAB karena terdapat penyumbatan di bagian anus sehingga akhirnya memicu timbulnya peradangan. Terlebih, hal tersebut juga dibuktikan melalui sebuah penelitian dengan menggunakan tikus sebagai percobaan yang mana tikus tersebut diberikan berupa ekstrak daun senna. Alhasil ia mengalami penurunan radang di bagian saluran pencernaan.

• Mempersiapkan Usus Sebelum Kolonoskopi

Untuk mereka yang sedang menjalani kolonoskopi, yakni salah satu tes skrining kanker yang terjadi pada bagian usus, mungkin dokter akan meminta anda untuk mengosongkan isi usus besar serta rektum terlebih dahulu.Cara yang dapat digunakan yakni dengan meminum obat pencuci perut, minum air putih ataupun puasa sebelum melakukan pemeriksaan. Anda juga bisa mencoba menggunakan obat pencuci perut alami yang satu ini untuk melakukan pembersihan pada bagian usus besar.

Ini karena, daun senna dipercaya memiliki khasiat yang sama dengan obat pembersih usus yakni bisacodyl. Namun, perlu anda ketahui, dengan memakai daun senna bersamaan dengan larutan salin ataupun simetikon dapat memperoleh hasil yang lebih memuaskan. Harap berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum memutuskan mengonsumsinya.

• Melancarkan BAB

Ekstrak daun senna yang dikonsumsi dipercaya dapat mengatasi sembelit ( konstipasi ) dalam jangka pendek. Anda juga dapat menyeduhnya menjadi teh ataupun dengan memakan daunnya secara langsung. Manfaat tersebut bisa anda peroleh karena kandungan berupa zat aktif pada daun senna bisa membuat dinding usus berkontraksi sehingga pencernaan pun menjadi lancar.

Leave a Comment