Khasiat Minyak Tanamu

Khasiat Minyak Tanamu

Mungkin sebagian dari anda sudah tidak asing lagi dengan minyak esensial yang sering digunakan sebagai perawatan kulit, seperti minyak kelapa, minyak zaitun dan juga minyak argan. Akan tetapi, bagaimana dengan minyak tanamu? Walaupun terdengar sedikit asing, ternyata jenis minyak ini juga tidak kalah menyehatkan dengan jenis minyak – minyak yang lainnya.

Minyak tanamu merupakan minyak yang diperoleh dari ekstrak biji pohon cemara atau bisa disebut juga dengan Calophyllum Inophyllum. Jenis minyak ini sering digunakan untuk mengatasi berbagai masalah yang terjadi pada kulit, seperti psoriasis, bekas luka dan juga jerawat.

Sampai saat ini, penelitian mengenai manfaat minyak tanamu untuk kesehatan masih sangat terbatas. Akan tetapi, beberapa studi yang masih diperlukan penelitian lebih lanjut mengatakan bahwa minyak tanamu memiliki kandungan calophyllolide, yakni suatu zat yang dipercaya mengandung sifat anti-radang. Tidak hanya itu, minyak ini juga mengandung antioksidan yang sangat baik bagi kesehatan kulit serta senyawa delta-tocotrienol.

Berikut beberapa manfaat yang diperoleh dari minyak tanamu untuk kesehatan kulit, seperti

• Mengobati Luka Bakar

Kandungan antioksidan yang cukup tinggi pada minyak tanamu dipercaya dapat membantu dalam menenangkan kulit terbakar, membantu proses penyembuhan luka dengan cepat serta mencerahkan kulit yang menggelap. Anda dapat mengoleskan minyak tanamu di bagian kulit yang terbakar atau dianggap menggelap beberapa kali sehari untuk memperoleh khasiat yang lebih optimal.

Tidak hanya itu, terdapat beberapa orang juga menggunakan minyak pohon cemara tersebut dalam meredakan gatal – gatal dan juga iritasi yang disebabkan oleh gigitan serangga.Akan tetapi, untuk hal ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut untuk memperoleh kebenarannya.

• Menghilangkan Stretch Marks

Kulit yang meregang setelah bertambah ataupun berkurangnya berat badan merupakan salah satu penyebab munculnya stretch marks. Nah, untuk minyak tanamu diyakini dapat mengurangi gejala stretch marks yang muncul. Selain itu, beberapa penelitian juga mengungkapkan bahwa penggunaan minyak tanamu secara rutin bisa mengurangi serta mencegah stretch marks pada kulit.

• Mengobati Jerawat dan Bekasnya

Minyak tanamu sangat bagus untuk digunakan sebagai penyembuhan dan juga perawatan jerawat. Pasalnya, sifat anti-mikroba, anti-radang dan juga anti-bakteri yang terdapat pada minyak tanamu bisa mempercepat pengobatan bekas luka jerawat ( keloid ).

Leave a Comment