Khasiat Patikan Kebo ( Tanaman Gulma ) Untuk Kesehatan

Khasiat Patikan Kebo ( Tanaman Gulma ) Untuk Kesehatan

Daun patikan kebo merupakan tanaman gulma yang kerap menjadi pengganggu dalam dunia pertanian. padahal, terdapat berbagai manfaat kesehatan yang bisa anda dapatkan dari daun patikan kebo tersebut yang tidak pernah disangka sebelumnya.

Daun patikan kebo atau Euphorbia termasuk salah satu jenis tanaman herbal yang mana hampir di setiap bagian memiliki khasiatnya. Namun, ketika anda memetik bagian daun ataupun batangnya maka akan muncul getah susu . Untuk itu, usahakan agar tidak langsung menyentuh bagian tersebut karena memiliki racun yang dapat membahayakan kulit anda.

Pada tahun 2010, telah dilakukan sebuah penelitian mengenai penggunaan Euphorbia sebagai pengobatan tradisional dengan berbagai kandungan nutrisi yang terdapat didalamnya, seperti kalium, litium, natrium serta kalsium. Tidak hanya itu, tanaman herbal tersebut juga kaya akan fenolik, beta-karoten dan juga vitamin C

• Untuk Kesehatan Kulit

kandungan berupa antioksidan pada daun euphorbia dipercaya dapat membantu mempercepat proses penyembuhan dengan cara merangsang aliran darah ke bagian kulit. Hal tersebutlah yang nantinya membuat tubuh memperoleh sel – sel baru dengan cepat.

Kebanyakan orang mungkin akan lebih sering menggunakan krim ataupun salep dengan kandungan berupa daun patikan kebo yang terdapat didalamnya untuk mendukung kesehatan pada kulit yang mana daun tersebut juga diketahui bisa memperlambat proses penuaan di bagian kulit.

• Mengurangi Nyeri Pada Perut

Anda bisa mengubah akar dari daun euphorbia menjadi pasta dalam mendukung proses penyembuhan sakit perut dengan sistem kerjanya menenangkan dinding usus di dalam tubuh. Namun, usahakan untuk mengikuti dosis sesuai dengan anjuran karena dapat menyebabkan muntah.

• Membantu Mengurangi Gejala Gangguan Pernapasan

Daun patikan kebo dipercaya dapat mengurangi gejala terhadap gangguan pernapasan, seperti asma. Ini karena, kandungan yang mirip seperti jenis obat antiastatik yang mana dapat memberikan rasa rileks terhadap bronkus ( saluran pernapasan ). Untuk jenis obat ini umumnya digunakan dalam mengurangi gejala asma. Tidak hanya itu, tanaman euphorbia juga dapat digunakan sebagai pengobatan tradisional dalam meredakan batuk kronis, bronkitis dan juga sakit tenggorokan.

• Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di India dengan mengujicobakan tanaman ini terhadap tikus menunjukkan bahwa daun euphorbia bisa membantu mengurangi gejala atas infeksi telinga. Tidak hanya itu, daun patikan kebo tersebut juga diyakini dapat mengurangi gejala konjungtivitis serta mengobati infeksi pada mata.

Meskipun belum terdapat uji coba secara langsung terhadap manusia, dengan meracik daun patikan kebo hingga menjadi ekstrak juga bisa anda gunakan sebagai tambahan nutrisi pada tubuh.

Leave a Comment