Khasiat Teh Linden

Khasiat Teh Linden

Untuk teh linden ini mungkin tidak sepopuler seperti teh herbal lainnya. Padahal, jenis teh ini juga memiliki sejumlah manfaat kesehatan, terutama untuk relaksasi agar tidur lebih nyenyak. Jenis teh ini memiliki rasa yang khas serta mengandung antioksidan, nutrisi serta senyawa yang kaya akan khasiatnya.

Teh linden dibuat dengan cara mengeringkan bunga dari tanaman Tilia platyphyllos serta Tilia Cordata. Selain itu,  Bunga linden yang telah dikeringkan bisa dihaluskan menjadi bubuk terlebih dahulu atau diseduh langsung.

Berikut beberapa manfaat teh linden untuk kesehatan tubuh, antara lain

• Meredakan Nyeri

kandungan antioksidan quercetin yang terkandung dalam teh linden dipercaya dapat membantu meredakan rasa nyeri. Quercetin sendiri bisa meredakan peradangan, pembengkakan serta kondisi yang dapat memicu munculnya rasa nyeri.

Dilansir dari Journal Of The American College Of Nutrition, bahwa terdapat sebanyak 50 wanita penderita rematik dengan mengonsumsi quercetin selama kurun waktu 7 minggu terbukti bisa menurunkan rasa nyeri. Selain itu, senyawa ini juga berperan penting dalam meredakan peradangan sendi sehingga nyeri yang dirasakan perlahan berangsur membaik.

• Membuat Tidur Menjadi Lebih Nyenyak

Salah satu manfaat teh linden ini sangat baik untuk dikonsumsi bagi seseorang yang mengalami susah tidur. Hal ini karena terdapat beberapa senyawa yang terkandung pada jenis teh herbal ini bisa membantu dalam menekan fungsi sistem saraf sehingga membuat anda menjadi mudah mengantuk. Seperti p-coumaric, kaempferol, terpenoid serta beberapa jenis minyak merupakan senyawa yang terdapat didalam teh linden.

• Membuat Tubuh Lebih Rileks

Duduk sambil meminum teh memang terasa lebih menenangkan. Namun, efeknya akan lebih besar jika yang diminum merupakan teh tertentu seperti teh linden. Menurut sejumlah penelitian yang dilakukan terhadap hewan, mengungkapkan bahwa bahan aktif yang terdapat pada ekstrak linden dapat meredakan gejala kecemasan serta merelaksasikan tubuh.

Selain itu, para penelitian juga mengungkapkan bahwa ekstrak linden berperan dengan cara yang mirip dengan aktivitas senyawa GABA ( gaba-aminobutyric acid ) pada otak. Untuk gaba-aminobutyric acid ( GABA ) dapat mencegah munculnya luapan atas kegembiraan sehingga pikiran serta tubuh menjadi lebih rileks.

Leave a Comment