Komplikasi Yang Dapat Muncul Saat Asma Tidak Ditangani Dengan Baik

Komplikasi Yang Dapat Muncul Saat Asma Tidak Ditangani Dengan Baik

Asma merupakan salah satu penyakit kronis yang dapat menyerang bagian saluran pernapasan. Jenis penyakit ini dapat membuat para penderitanya mengalami sulit bernapas. Sayangnya, penyakit asma tidak dapat disembuhkan tapi hanya bisa dikendalikan gejalanya agar nantinya tidak kambuh lagi dikemudian hari. Nah, ketika gejala tersebut tidak dikendalikan dengan baik maka akan memicu munculnya berbagai komplikasi seperti gangguan kesehatan hingga gangguan pada produktivitas yang tidak terkontrol.

Jenis penyakit ini akan semakin tidak terkendalikan dan juga parah jika anda tidak rutin mengonsumsi berbagai jenis obat – obatan yang dianjurkan oleh dokter. Bila dibiarkan maka akan memicu munculnya sejumlah komplikasi asma, seperti

• Mengalami Gangguan Tidur

Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2016, bahwa terdapat sebanyak 80 persen pengidap asma yang mengalami gangguan tidur pada malam hari. Padahal, untuk gangguan tidur ini akan mengakibatkan munculnya berbagai masalah dan juga gangguan lainnya seperti stres, pusing dan juga tubuh semakin lemas. Ketika hal tersebut terjadi maka dapat mempengaruhi aktivitas dan anda juga akan sulit fokus dengan pekerjaan.

• Membutuhkan Biaya Pengobatan Yang Cukup Banyak

Ketika seseorang mengalami penyakit asma dan tidak dikendalikan dengan baik, maka hal tersebut dapat berisiko terhadap kondisi kesehatan menjadi semakin memburuk. Salah satu cara untuk mengendalikan permasalahan tersebut yakni dengan cara pengobatan rawat inap yang kemungkinan besar membutuhkan biaya yang cukup banyak agar dapat mempercepat proses penyembuhannya.

• Komplikasi Pada saluran Pernapasan

Meski hal ini sangat jarang terjadi, asma biasanya dapat menyebabkan komplikasi pada pernapasan yang dapat mengancam jiwa, termasuk infeksi paru – paru ( pneumonia ), kegagalan pernapasan atau status asmatikus serta kolaps sebagian atau seluruh paru – paru ( pneumotoraks ).

Dilansir dari Global Initiative for Asthma, bahwa terdapat satu dari 260 kematian yang terjadi setiap tahunnya di seluruh dunia yang disebabkan oleh penyakit asma. Namun, dari kematian tersebut sebenarnya dapat dicegah dengan perawatan maupun gejala darurat yang tepat.

• Tidak Bebas Beraktivitas

Penyakit asma tentu membuat anda menjadi tidak bisa melakukan aktivitas dengan baik, bahkan dapat mempengaruhi produktivitas menjadi menurun. Untuk seseorang yang mengalami asma dan tidak terkendalikan maka akan membuat anda lebih cepat lelah. Ini karena oksigen yang masuk kedalam tubuh tidak optimal.

Leave a Comment