Makanan Yang Wajib Dikonsumsi Setiap Hari Untuk Mencegah Osteoporosis

Makanan Yang Wajib Dikonsumsi Setiap Hari Untuk Mencegah Osteoporosis

Osteoporosis merupakan masalah yang terjadi terhadap penurunan kepadatan mineral pada tulang. Untuk itu, makanan yang wajib dikonsumsi yakni sejumlah makanan yang baik untuk kesehatan tulang.

Berikut beberapa jenis makanan yang disarankan untuk mencegah pengeroposan tulang, diantaranya

• Makanan Tinggi Vitamin D

Dimuat dalam The Association of UK Dietitians, mengungkapkan bahwa vitamin D dapat membantu penyerapan kalsium dari berbagai jenis makanan yang dikonsumsi. Dengan begitu, kalsium tersebut dapat berperan secara maksimal dalam memperkuat serta menambah kepadatan tulang.

Walaupun vitamin D bisa diperoleh dari sinar matahari, namun terkadang jumlah yang didapatkan tidak mencukupi. Ini karena pakaian dan juga sunscreen yang menutupi tubuh dapat menjadi salah satu penghambat penyerapan vitamin D secara maksimal. Umumnya, tubuh memerlukan 10 sampai 15 mikrogram vitamin D setiap harinya.

Untuk itu, selain dari sinar matahari, asupan vitamin D juga dapat diperoleh dari makanan. Telur, yoghurt, hati sapi, sereal, susu sapi dan juga ikan berlemak ( tuna, sarden serta salmon ) merupakan makanan yang kaya akan vitamin D yang dapat mencegah munculnya risiko osteoporosis.

• Makanan Tinggi Protein

Menurut Janet Tietyen, PhD, RD, selaku dosen dari University of Kentucky’s School of Human Environmental Sciences, mengungkapkan bahwa protein termasuk salah satu nutrisi yang sangat penting bagi kesehatan tulang. Hal tersebut karena protein merupakan nutrisi yang diperlukan tubuh dalam menjaga jaringan agar tetap sehat, termasuk otot. Saat otot mempunyai jaringan yang kuat, maka tulang pun akan memiliki penyangga yang kokoh sehingga nantinya tidak mudah patah.

Akan tetapi, diharapkan untuk tidak mengonsumsi protein secara berlebihan ataupun terlalu sedikit. Ini karena jika terlalu banyak ataupun terlalu sedikit protein maka dapat mempengaruhi tubuh dalam penggunaan kalsium. Konsumsilah protein setidaknya 55 sampai 68 gram setiap harinya. Anda juga bisa konsultasi terhadap dokter gizi guna untuk mengetahui jumlah protein yang dibutuhkan oleh tubuh.

Daging unggas ( bebek, ayam serta kalkun ), kacang – kacangan, daging tanpa lemak, produk susu ( keju, susu, yogurt serta kefir ) dan juga telur merupakan sejumlah makanan yang dapat menjadi sumber protein sehat dan juga bermanfaat dalam mencegah osteoporosis.