Malas Gosok Gigi? Penyakit Ini Yang Dapat Mengintai Kesehatan Tubuh Anda!

Malas Gosok Gigi? Penyakit Ini Yang Dapat Mengintai Kesehatan Tubuh Anda!

Sampai saat ini mungkin masih banyak orang yang jarang gosok gigi, entah alasan karena lupa, tidak banyak waktu luang, malas, ataupun tidak sempat. Padahal, sebenarnya wujud dari permasalahan gigi yang kotor tidak hanya akan membuat gigi berlubang, namun juga banyak penyakit yang bisa muncul akibat malas gosok gigi sehingga kebersihan gigi pun jadi sangat buruk.

Untuk gigi sehat dan bersih termasuk salah satu investasi dalam menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh. Adapun beberapa masalah yang mungkin dapat muncul ketika anda malas menggosok gigi, antara lain

• Gigi Berlubang

Gigi berlubang ( karies ) termasuk salah satu jenis penyakit gigi yang paling umum terjadi. Untuk kondisi ini dapat terjadi terhadap siapa saja tanpa memandang usia. Mulai dari orang dewasa, remaja maupun anak – anak yang jarang menjaga kebersihan gigi dengan baik.

Sisa makanan, bakteri serta plak jika dibiarkan terus menumpuk dapat memicu kerusakan lapisan ataupun struktur gigi. Kerusakan tersebut diawali dengan terkikisnya lapisan bagian luar gigi. menyebar ke lapisan gigi tengah hingga ke akar gigi.

Lubang gigi yang awalnya kecil lama kelamaan dapat membesar serta menyebabkan rasa sakit yang tak tertahankan. Dalam kasus yang parah ini, gigi berlubang juga dapat memicu timbulnya infeksi serius yang mana berujung pada gigi copot ataupun tanggal.

• Penyakit Jantung

Berdasarkan sebuah penelitian bahwa kesehatan gigi yang buruk bisa meningkatkan risiko terkenanya stroke, penyakit kardiovaskular sebanyak 2x lipat dan juga serangan jantung. Hal tersebut karena bakteri yang menginfeksi gusi dan juga penyakit periodontitis biasanya dapat mengikuti aliran ke bagian pembuluh darah serta memicu timbulnya kerusakan dan peradangan pada pembuluh darah.

• Bau Mulut

Gigi yang dibiarkan kotor dan tidak dirawat dapat memicu bau mulut. Kondisi ini dikarenakan bakteri yang terdapat pada mulut bisa menghasilkan belerang ( gas sulfur ) sehingga pada saat anda membuang napas ataupun membuka mulut maka keluarlah bau tidak sedap yang sangat mengganggu.

Aroma tidak sedap yang keluar dari mulut dapat membuat anda menjadi kurang percaya diri, bahkan memicu rasa cemas yang berlebihan. Terlebih, jika hal ini dibiarkan secara terus menerus dapat membuat seseorang menjadi timbul rasa minder. 

Leave a Comment