Manfaat Black Garlic Untuk Kesehatan

Manfaat Black Garlic Untuk Kesehatan

Black garlic atau bawang putih hitam merupakan hasil fermentasi bawang putih dalam kelembaban dan suhu tertentu. Untuk proses fermentasinya dapat mengubah kandungan nutrisi bawang putih sehingga black garlic ini dipercaya memiliki manfaat yang lebih beragam untuk kesehatan.

Black garlic sendiri memiliki aroma, warna serta rasa khas yang berasal dari berbagai jenis senyawa aktif yang terdapat didalamnya. Selain dapat menjadi karakteristik, ternyata senyawa aktif pada black garlic juga memiliki berbagai manfaat seperti,

• Berfungsi Sebagai Antioksidan

Black garlic termasuk salah satu sumber terbaik yang kaya akan antioksidannya seperti flavonoid, alkaloid, polifenol serta S-allyl-cysteine. Untuk fungsi utamanya yakni dapat membantu melindungi sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

Radikal bebas tersebut nantinya dapat memicu terbentuknya plak pada bagian pembuluh darah, peradangan yang terjadi pada penderita diabetes serta kerusakan sel otot. Dengan hanya mengonsumsi black garlic dipercaya dapat bermanfaat dalam melawan berbagai radikal bebas yang dapat menyerang tubuh.

• Menjaga Kesehatan Otak

Black garlic dapat berperan dalam melindungi sel – sel saraf pada otak dari peradangan, dampak negatif dari zat aditif makanan serta berbagai zat lainnya yang bersifat merusak. Dilansir dari Anatomical Science International bahwa bawang putih hitam ini juga bermanfaat dalam meningkatkan kemampuan motorik dengan cara meningkatkan jumlah sel purkinje pada bagian otak.

Berkat berbagai manfaat yang terkandung didalamnya membuat black garlic dipercaya dapat melindungi otak dari serangan penyakit yang sering menyerang bagian otak, salah satunya yakni penyakit Alzheimer.

• Berpotensi Dalam Membantu Serta Mencegah Pengobatan Kanker

Menurut sebuah penelitian yang dimuat dalam Jurnal Studies on Garlic, menyebutkan bahwa senyawa aktif yang terdapat pada black garlic dipercaya dapat membantu mencegah serta pengobatan kanker. Selain itu, bawang putih hitam ini juga dapat bermanfaat bagi para pasien pengidap kanker lambung, paru – paru, usus besar dan juga leukimia.

Senyawa aktif yang terkandung didalam black garlic dapat bekerja dengan beberapa cara seperti menghambat penyebaran serta pertumbuhan tumor, merangsang produksi protein khusus untuk membunuh sel kanker, memicu kematian sel kanker serta menghentikan siklus pertumbuhan sel.

Leave a Comment