Nutrisi Untuk Anak Agar Tidak Mudah Sakit

Nutrisi Untuk Anak Agar Tidak Mudah Sakit

Terkadang hujan datang dan pergi sesuka hatinya sehingga membuat para orang tua memutar otak agar anak – anak nya  tidak mudah terserang penyakit. Perubahan cuaca pun dapat menjadi salah satu pengaruh terhadap daya tahan tubuh. Ini karena perubahan kelembapan dan juga suhu.

Perubahan tersebut tentu dapat membuat tubuh anak menjadi lebih bekerja keras untuk beradaptasi. Kondisi cuaca inilah yang bisa mempengaruhi daya tahan tubuh anak. Tidak jarang perubahan cuaca juga dapat memicu munculnya gangguan pernapasan ataupun infeksi lainnya. Agar anak tetap bisa aktif dan sehat pada perubahan cuaca ini maka diperlukan asupan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh.

Selain itu, Organisasi kesehatan dunia juga mengungkapkan bahwa angin yang berhembus akan membawa polutan dan akhirnya menetap di air hujan, seperti dedaunan, serangga, kotoran dan juga feses dari burung. Umumnya air yang telah terkontaminasi mengandung bakteri patogen penyebab munculnya penyakit.

Berikut beberapa asupan nutrisi yang baik dikonsumsi agar anak tidak mudah terserang penyakit, antara lain

• Asam Lemak Omega-3

Untuk nutrisi ini bisa didapatkan melalui makanan seperti minyak ikan, kenari maupun susu. kandungan tersebut dapat memberikan perlindungan terhadap anak dalam melawan sejumlah bakteri. Salah satunya yakni infeksi pada sistem pernapasan anak. Selain itu, anda juga dapat mengkombinasikan nutrisi ini di setiap menu makanan. Konsumsilah asam lemak omega-3 secara rutin guna membantu tubuh agar tidak mudah terserang penyakit.

• Probiotik

Probiotik sering dikenal sebagai bakteri baik bagi sistem pencernaan. Selain itu, ia juga sangat baik bagi tubuh dalam melawan sejumlah penyakit. Dilansir melalui Web MD, mengungkapkan bahwa probiotik dapat membantu dalam melawan risiko atas alergi, gangguan pencernaan, flu dan juga infeksi kulit.

• Long-Chain Polyunsaturated Fatty Acids ( LCPUFA )

Long-Chain Polyunsaturated Fatty Acids ( LCPUFA ) merupakan asam lemak panjang yang termasuk bagian dari DHA ( docosahexaenoic acid ) serta EPA ( eicosapentaenoic acid ). Kandungan tersebutlah yang dipercaya sangat mampu dalam meregulasi respon pada sistem imunitas manusia. Selain itu, dalam sebuah penelitian juga diungkapkan bahwa LCPUFA bisa membantu dalam memperbaiki sistem pernapasan serta menurunkan risiko gangguan terhadap pernapasan.

Anda dapat memberikan asupan berupa susu yang memiliki kandungan tersebut guna menjaga kesehatan tubuh anak sehingga ia terlindungi dari berbagai serangan penyakit pernapasan saat memasuki cuaca yang tidak menentu.

Leave a Comment