Obat Ampuh Untuk Kolesterol Tinggi dan Asam Urat

Obat Ampuh Untuk Kolesterol Tinggi dan Asam Urat

Kolesterol dan asam urat merupakan dua kondisi yang sangat umum terjadi. Untuk mereka yang memiliki kadar kolesterol tinggi sangat rentan terkena asam urat, begitu juga sebaliknya. Sebenarnya tidak ada obat khusus yang dirancang untuk mengatasi kedua kondisi tersebut secara bersamaan. Dalam menurunkan kolesterol serta asam urat diperlukan jenis obat yang berbeda.

Secara umum, terdapat beberapa jenis pilihan obat untuk mengatasi kolesterol dan asam urat, seperti

• Allopurinol

Dalam mengatasi asam urat, obat yang paling umum dianjurkan oleh dokter yakni Allopurinol. Jenis obat ini termasuk kedalam kelas xanthine oxidase inhibitor yang dapat mengurangi produksi asam urat berlebihan pada tubuh. Perlu diketahui, bahwa obat ini hanya dapat mencegah serangan asam urat, bukan mengobati sakit yang sebelumnya telah muncul.

Konsumsilah obat ini sesuai dengan dosis yang telah dianjurkan oleh dokter. Jangan sesekali untuk menambah atau mengurangi dosis obat tersebut. Selain dapat menurunkan efektivitasnya, cara ini juga dapat memicu munculnya efek samping yang sangat berbahaya.

Selain Allopurinol, terdapat juga pilihan obat lain untuk mengendalikan asam urat dalam darah, seperti lesinurad, febuxostat, colchicine, probenecid ( benemid ) dan juga pegloticase.

• Obat Statin

Statin termasuk salah satu jenis obat yang sering diresepkan oleh dokter. Untuk obat ini berperan dengan cara menghancurkan berbagai zat pembentuk kolesterol di dalam hati, lalu dikeluarkan kembali oleh hati. Terlebih sebuah studi juga mengungkapkan bahwa obat statin tersebut bisa digunakan untuk membantu menurunkan risiko gangguan yang mungkin dapat terjadi pada pembuluh darah seperti serangan jantung.

Obat statin yang paling umum digunakan, yakni fluvastatin, pitavastatin, rosuvastatin, atorvastatin, lovastatin, pravastatin serta simvastatin.

Efek samping yang mungkin dapat muncul ketika statin dijadikan sebagai obat kolesterol yakni membuat ngantuk, Kram perut ( sakit perut ), sakit kepala, mual ( muntah ), pusing, kembung dan juga gangguan pencernaan lainnya seperti diare, perut kembung ataupun sembelit.

Pastikan anda telah berkonsultasi terhadap dokter sebelum memutuskan untuk menggunakan obat – obatan tersebut dalam mengatasi kolesterol dan juga asam urat. Selain itu, diharapkan juga untuk mengikuti intruksi yang diberikan oleh dokter ataupun yang tertera pada label kemasan. Hal tersebut  untuk mendapatkan manfaat obat secara optimal agar terhindari dari berbagai risiko efek samping yang dapat membahayakan kesehatan tubuh.

Leave a Comment