Tips Dalam Mencegah ISPA dan Flu Pada Anak

Tips Dalam Mencegah ISPA dan Flu Pada Anak

Di tengah cuaca serta polusi yang tidak menentu, membuat para orang tua memutar otak untuk mencegah ISPA ( Infeksi Saluran Napas Akut ) dan juga flu pada anak. Jika dibandingkan dengan orang dewasa, umumnya anak – anak lebih mudah terkena berbagai masalah gangguan pernapasan, terutama mereka yang masih dibawah usia enam tahun.

Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan dalam mencegah ISPA dan juga flu pada anak, seperti

• Mengajak Anak Untuk Rutin Mencuci Tangan

Bakteri dan virus dapat datang dari mana saja yang mana ia dapat menempel di bagian tangan dan nantinya akan masuk ke dalam sistem pernapasan begitu saja.Untuk itu, cobalah melakukan cuci tangan setidaknya 15 detik dengan menggunakan air mengalir dan juga sabun.

• Tidur Cukup Untuk Mencegah ISPA dan Flu

Cobalah untuk mengajak anak anda untuk tidur dengan cukup. Umumnya anak – anak memerlukan waktu tidur 8 sampai 14 jam dalam sehari. Ketika si kecil kurang tidur, maka tidak menutup kemungkinan dapat mempengaruhi imunitas menjadi menurun dan akhirnya mudah terserang penyakit.

Pastikan anak anda tidur dengan cukup sebagai salah satu cara dalam mencegah ISPA dan flu di kala cuaca yang tidak menentu. Selain itu, tidur dengan cukup juga dapat mendorong sistem imunitasnya bekerja dengan baik dalam mencegah virus dan juga bakteri.

• Minum Susu

Demi mendorong sistem imunitasnya bekerja dengan baik dalam menangkal berbagai penyakit, maka berilah si kecil susu setiap hari. Anda dapat memilih susu dengan kandungan berupa long-chain polyunsaturated fatty acids ( LCPUFA ).

Long-chain polyunsaturated fatty acids ( LCPUFA ) termasuk salah satu omega-3 yang berfungsi sebagai pencegah dari gangguan pernapasan pada anak serta membantu dalam meningkatkan sistem imun, respon imun terhadap stimulus dan juga regulasi sistem imun.

• Konsumsi Makanan Sehat

Dalam mencegah ISPA dan juga flu, anda dapat menyediakan berbagai jenis sayuran serta buah – buahan yang kaya akan nutrisi agar si kecil lebih tertarik. Pilihlah sejumlah makanan yang memiliki kandungan berupa vitamin D dan C. Ini karena kedua vitamin tersebut dipercaya dapat membantu sistem imun tubuh dalam mencegah bakteri, virus dan juga infeksi penyebab penyakit.

Leave a Comment