Obat Alami Untuk Pertolongan Pertama

Obat Alami Untuk Pertolongan Pertama

Ketika kulit mengalami luka akibat gigitan serangga ataupun terbakar oleh paparan sinar matahari, kebanyakan orang pastinya akan cemas dan juga panik. Padahal, terdapat berbagai jenis obat yang dapat dipakai untuk meredakan rasa sakit tersebut., seperti

• Daun Basil

Bekas gigitan nyamuk biasanya memang sangat menyebalkan. Tidak hanya memicu rasa gatal, namun sering kali menimbulkan bekas seperti ruam merah atau luka jika digaruk secara terus menerus. Ketika anda mengalami hal tersebut, coba gosokan beberapa lembar daun basil pada bagian bekas gigitan nyamuk.

Hal ini karena daun basil dipercaya dapat membantu meredakan rasa gatal akibat gigitan nyamuk. Terlebih sebuah penelitian juga mengungkapkan bahwa selain dapat membuat kulit merasa lebih baik, kandungan minyak pada daun basil juga bisa digunakan sebagai obat nyamuk alami.

• Madu

Dilansir dari Barbara Brownell Grogan, seorang penulis buku berjudul 500 Time-Tested home Remedies, mengungkapkan bahwa madu sampai saat ini memang masih belum dikenal banyak orang mengenai khasiat penyembuhannya. Meski demikian, madu telah banyak dipakai untuk mengobati luka ringan pada kulit selama berabat – abat.

Tak perlu diragukan lagi, ini karena kandungan berupa antiinflamasi, antijamur dan juga antibakteri yang terdapat dalam madu dikenal bisa membantu meredakan kerusakan jaringan kulit yang terluka.

• Lidah Buaya

Tanaman lidah buaya memang telah dikenal memiliki sejumlah khasiat dalam bidang kecantikan. Tidak heran, jika banyak orang ingin mencoba membuktikan kebenarannya dalam mengobati sejumlah permasalahan kulit, salah satunya yakni meredakan kulit yang disebabkan oleh paparan sinar matahari ( sunburn )

Pasalnya, lidah buaya sudah terbukti dapat membantu menghambat pertumbuhan bakteri serta mengandung zat antiinflamasi sehingga tidak heran jika tanaman ini diyakini dapat mengobati luka bakar yang disebabkan oleh paparan sinar matahari ataupun panasnya api. Sensasi dingin lidah buaya ketika dioleskan pada bagian kulit membuat anda menjadi lebih nyaman saat digunakan.

• Baking Soda

Kebanyakan orang menggunakan baking soda untuk membuat kue. Namun, nyatanya salah satu jenis bahan dapur ini juga mempunyai khasiat sebagai obat pertolongan pertama, terutama untuk mengatasi ruam kulit yang disebabkan oleh gigitan lebah.

Leave a Comment